tentang minetest

Minetest (dahulu disebut Minetest-C55) adalah permainan video gratis sumber terbuka yang menggunakan Irrlicht 3D engine, dan diprogram dalam C++.[1][2] Permainan ini termasuk permainan video bak pasir independen. Dibuat oleh Perttu "celeron55" Ahola dan kontributor lainnya dan dirilis di bawah lisensi LGPL.[2]
Minetest terinspirasi oleh InfiniMiner dan permainan sejenis dan difokuskan pada kreativitas dan pembangunan, yang memungkinkan pemain untuk membangun konstruksi dari kubus bertekstur dalam dunia 3D, juga dikenal sebagai dunia voxel.[2][3]
Alur permainan terbagi dalam dua mode utama:
  • Survival (bertahan hidup), yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya sendiri dan menjaga kesehatan mereka.
  • Kreatif, di mana pemain memiliki persediaan tak terbatas, dan kemampuan khusus lainnya (seperti terbang, menembus blok, bergerak cepat, dan lain lain).
  • Alur Permainan


  • Pemain memiliki kebebasan dalam cara bermain Minetest, dengan tujuan utama untuk bertahan hidup dan membangun tempat berlindung. Saat memulai permainan pemain muncul di tempat acak di lingkungan yang terus-menerus dibuat oleh komputer.
    Dunia terdiri dari kubus 3D yang disebut nodes, yang menunjukkan materi yang berbeda (seperti kayu, tanah, batu) dan masing-masing berukuran kira-kira 1 meter kubik pada dunia nyata. Blok-blok tersebut ditata sedemikian rupa saat memulai sehingga seperti dunia nyata. Terdapat bukitlembahgunungtebing, dan lain-lain. Juga terdapat bioma-bioma yang berbeda.
    Pemain dapat menggali berbagai macam material di sekelilingnya, yang akan muncul di inventaris mereka. Setelah itu, pemain dapat menaruh blok tersebut kembali, sehingga pemain dapat membangun bangunan sesuai imajinasi mereka. Untuk mendapatkan barang-barang lain, pemain diharuskan membuat kerajinan (misalnya membuat kapak beliung untuk menambang bijih besi).
    Terdapat berbagai macam mineral dan bahan-bahan dalam Minetest, dari pohon dan tanah sampai yang lebih langka seperti "Mese", yang digunakan untuk membuat pedang, kapak, beliung, sekop, dan juga sebagai material konduktor utama dalam modifikasi "Mesecons" (yang sebanding dengan "redstone" dari Minecraft).[4]
    Pemain juga memiliki kesehatan yang dapat berkurang oleh menyentuh lava, jatuh dari ketinggian, atau kejadian lain. Kesehatan dapat dipulihkan dengan memakan apel atau makanan lainnya. Saat pemain memiliki nol kesehatan, maka pemain tersebut mati, dan bangkit pada posisi tertentu.
    Dunia permainan dibuat terus-menerus di saat pemain menjelajahi daerah baru di dunia tersebut. Minetest memiliki dunia dengan daerah yang hampir tak terhingga untuk dibuat.[2] Meskipun ada batas wilayah dunia. Permainan ini dapat melakukan hal tersebut dengan cara membagi dunia ke dalam blok-blok yang disebut MapBlocks, yang hanya dimuat saat membuat dunia atau pemain di dekatnya.
    Karakter non-Pemain (disebut juga NPC, dikenal sebagai mobs) dapat ditambahkan dengan memasang modifikasi.

Komentar

Postingan Populer